Langsung ke konten utama

Cara/Tips Memelihara Hamster lucu..




Halo pecinta hamster dan buat kamu yang pengen punya hamster aku punya beberapa cara/tips buat melihara binatang ini. Hamster memang menggemaskan. Tingkah lakunya yang dapat membuat orang ketawa sendiri karna melihatnya membuat aku dan mungkin kamu juga mau memeliharanya. Pertama kali aku punya hamy kelas 6 sd. Tapi sayang, tak beberapa lama hamynya mati.. huhu sedih banget. Terus kelas 2 smp aku beli hamy agik, sampai sekarang aku kelas 3 smp hamy.a masih hidup loh.. karena kasian hamy ku tinggal sendiri di kandangnya. Aku beli_in die teman. Tapi sekali lagi hamynya nggak tahan lama, mungkin karena sudah tua atau gara-gara aku salah merawatnya?. Karena aku pecinta hamy berat, aku beli lagi hamy buat ngawanin hamy ku yang tinggal sendirian. Sampai sekarang hamyku yang baru aku beli itu hidup.. Tak beberapa lama kemudian mamaku bawa sepasang hamy dari sekolah. Maklum mamaku guru. Hamy itu dari anak murid mamaku, katanya dia mau pindah kebandung. Setelah 3 minggu aku merwat 2 pasang hamy. Hamy yang dibawa mamaku melahirkan, 2 ekor loh anaknya. Setelah 4 minggu berlalu hamy itu melahirkan lagi, 6 ekor. Jadi sekarang aku punya 12 ekor hamy. Jadi aku mau berbagi tips/cara tentang merawat hamy. Hehew.. maaf ya aku cerita dulu.. sama mau minta maaf juga kata-katanya bebelit-belit.
Silahkan dibaca tipsnya! Kalo ada yang kurang, harap di maklumi! Saya juga baru miara hamy. Tulisan ini aku juga ngambil dari beberapa info di internet. Jadi kalo ada kesamaan aku minta izin ya.. maaf lama menunggu.
  1. Beli dulu dong hamynya. Kalo mau hamynya di kawinin/mau digabungin 1 kandang belinya yang sejenisnya.. kalo nggak sejenis takunya anaknya hamynya cacat. Harga hamy didekat rumahku *Pontianak* sekitar 25.000 sampai 65.000 tergantung jenisnya.
  2. Beli kandang hamynya yang gede ya.. dia kan bintang yang lincah, jadi kalo dikasi kandang yang kecil kasian. Kandangnya di kasi alas serbuk kayu / pasir halus TANPA BAHAN KIMIA. Selain buat nyerap air pipinya juga buat alas tidur.
  3. Makanan hamster terbaik sampai saat ini tetap dipegang oleh makanan-makanan hamster impor buatan pabrik. Walaupun begitu Anda juga harus tetap waspada dan lebih cermat lagi dalam memilih mana makanan impor yang baik. Beberapa makanan impor mengandung terlalu banyak bahan pewarna, terlalu banyak biji bunga matahari atau bahan-bahan lainnya yang bisa merugikan hamster itu sendiri. Beberapa jenis buah-buahan dan kacang-kacangan bisa diberikan seminggu sekali sebagai snack. Berikan dalam jumlah terbatas (sedikit sekali!)
    Beberapa makanan yang bisa diberikan sebagai snack kepada hamster: (Perhatian: Makanan ini hanya diberikan sebagai snack bukan makanan utama karena bisa mengakibatkan ketidakseimbangan gizi, kerusakan pada sistem kencing, diare, dan kelainan pada proses kehamilan karena obesitas)
    Apel
    Pir
    Pisang
    Wortel
    Jagung manis (pemberian dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan kerontokan bulu)
    Kentang (harus direbus dulu)
    Kacang tanah
    Kacang kulit
    Kacang mete
    Kacang almond
    Kacang kedelai
    Roti tawar
    Biskuit Cracker
    Oatmeal
    Corn Flakes
    Makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada hamster:
    Selada
    Kangkung dan seluruh sayuran hijau lainnya (Cai sim, bayam, kai lan, dll)
    Ketimun
    Makanan yang tidak boleh diberikan sama sekali kepada hamster:
    Jeruk dan semua bangsa citrus
    Cokelat
    Makanan yang telah diberi bumbu
    Kalo buat minumannya pakai tempat minumnya ya, biasanya kalo kita beli kandang ada tempat minumnya juga. Kalo pakai tempat yang terbuka nanti airnya tumpah. Hamykan nggak boleh basah bandannya.
  4. Hamy adalah hewan nocturnal jadi hamy jangan di jemur ya.. dan hamy juga nggak boleh basah, jika telanjur basah, di keringin pake handuk jangan pake head dryer. Kalo mau mandikan hamy, hamynya dalam keadaan sehat dan jangan terlalu basah. Hamy juga ada cara sndiri buat mandi. Jadi kalo nggak bisa mandiinnya jangan di coba ya. Nanti hamynya mati. Oya kandangnya harus selalu pastiin kering ok.
  5. Jika mau ngawinin hamy,
  6. Kalo induk hamy melahirkan pisahkan induk yang jantan dan semua hamy yang lain dari kandang itu. Kalo mau ganti serbuk kayu tunggu kalo anaknnya sudah berumur 2 minggu. Dan jangan sekali-kali anaknya di pegang pake tangan. Karena bau tangan kita akan menempel pada anaknya. Bisa2 nnti anaknya dimakan lagi. Kandangnya juga di tutupin pake kain dan letakkan kandang ditempat yang jarang orang melewatinya *pojokan rumah*. Kalo mau mindahin anaknya pake sendok plastic aja ya dan mesti hati-hati. Kalo uda 2 minggu lebih / anaknya uda nggak minum susu lagi pisahin aja, induk jantannya masukin deh. Nanti dia kawi terus melahirkan lagi..

Berikut beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh pemilik hamster pemula:
  1. 1.Memberi makan sayur, wortel atau jagung segar sebagai menu makanan utama. Percayalah hal ini hanya akan merugikan Anda! Pencernaan hamster tidak didesain untuk mencerna makanan-makanan yang mengandung kelembaban tinggi seperti ini. Jika Anda tidak percaya, coba teliti kondisi kandang hamster Anda, apakah selalu kelihatan basah dan kotor? Apakah berbau menyengat? Apa Anda harus mengganti serbuk kayu setiap hari? Jika jawabannya iya, itu berarti hamster Anda mengalami masalah pada sistem urine / kencingnya. Ini diakibatkan dari pemberian sayur-sayuran segar yang Anda berikan setiap hari! Coba ganti menu makanan hamster Anda dengan yang lebih sesuai yaitu makanan hamster kering yang bisa Anda temui di petshop atau di supermarket. Di Indonesia tersedia beberapa merk seperti : Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, Hartz, Nutriblocks, dan masih banyak lagi lainnya. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan keuangan dan kebutuhan hamster Anda.
  2. 2.Membeli tambahan biji bunga matahari atau kuaci sebagai makanan tambahan. “Hamster saya sangat tergila-gila dengan biji bunga matahari dan kuaci, selain itu mereka tidak mau makan yang lainnya.” Percayalah, ini hanya kebiasaan yang Anda atau pemilik sebelumnya tanamkan untuk hamster Anda! Mungkin Anda tidak tahu kalau tindakan sayang Anda ini justru malah membunuh hamster Anda. Biji bunga matahari dan kuaci adalah salah satu makanan yang mudah disukai oleh hamster tapi pemberian dalam jumlah besar dalam mengakibat beberapa hal diantaranya: obesitas, kurangnya kalsium sehingga pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat, kelainan dalam proses kelahiran (ini disebabkan oleh kandungan lemak yang terlalu tinggi pada biji bunga matahari). Kasus yang paling sering terjadi adalah yang terakhir, kelainan pada proses kelahiran. Kelainan ini berujung pada keguguran bayi-bayi hamster tersebut yang merenggut jiwa induk dan anak-anaknya. Jadi berhati-hatilah dalam memberi makan hamster Anda! Menyayangi nya bukan berarti memanjakannya!
  3. 3.Pemberian susu bubuk atau susu cair untuk manusia pada hamster. Beberapa orang melakukan ini dan mereka mengeluh kalau bulu hamster mereka menjadi tipis dan rontok. Memang belum terbukti secara klinis tapi lebih baik mencegah dari pada mengobati. Susu untuk manusia diformulasikan untuk manusia jadi lebih baik jangan diberikan ke hewan. Gunakan susu khusus untuk hamster! Itu jauh lebih baik… Lagipula pemberian susu ini juga tidak menunjukkan manfaat yang mengesankan tapi rutinitas pemberian susu ini malah jauh merepotkan Anda.
  4. 4.Memberikan snack terlalu banyak. Snack sebaiknya diberikan hanya seminggu sekali, jika terlalu sering… Anda pasti rugi telah membeli makanan hamster karena tidak dikonsumsi secara maksimal. Sama seperti anak kecil yang diberi pilihan antara sayur dan kue kesukaannya, hamster pasti lebih memilih snack kesukaannya. Tapi sekali lagi kita tidak mungkin memberi makan kue cokelat setiap hari sebagai makanan utama bagi anak kita kan? Begitu pula dengan hamster! Pemberian snack terlalu sering akan mengakibatkan ketidakseimbangan gizi yang sebenarnya telah ditimbang dan dipelajari secara khusus oleh para ahli yang telah meracik makanan hamster. Ini pasti mempunyai efek negatif di kemudian hari terutama ketika hamster melahirkan dan menyusui. Jika Anda merasa ‘tidak tahan’ dan ingin memberikan snack lebih banyak dari seminggu sekali, Anda bisa menimbang-nimbang secara bijak jenis snack yang Anda berikan. Sesuai dengan sistem pencernaan hamster yang kurang bisa menerima makanan dengan tingkat kelembaban tinggi pilihlah snack yang ‘kering’ seperti kacang-kacangan, roti, biskuit, cereal dan lain-lain. Sedang untuk buah-buahan berikanlah seminggu sekali.
  5. Yang pasti hamster itu baiknya diberi makanan kacang-kacangan yang keras dengan begitu bisa membantu mengikis giginya yang selalu tumbuh panjang. Hamster saya di rumah saya beri makanan campuran kacang-kacangan seperti Kacang Hijau, Padi, Kacang Kedelai, Jagung yang untuk pakan ternak, Ketan Hitam. Untuk makanan selingan nya saya kadang saya beri Taoge untuk kesuburan si hamster atau Kuaci, wich ne hamster suka banget makan kuaci tapi jangan di jadikan makanan utama bisa bisa dia obesitas.

Berikutnya adalah hal-hal rutin yang harus Anda kerjakan untuk memelihara hamster dengan baik:
  1. Memberi makan hamster sehari 2 kali
  2. Mencuci tempat makan setiap kali makanan diganti
  3. Mengganti serbuk kayu dan mencuci kandang hamster seminggu sekali
  4. Mengisi botol minum setiap kali airnya habis
  5. Mencuci botol minum seminggu sekali
Berikut adalah daftar ‘ketidaktahuan’ lain yang sering dilakukan dan mengakibatkan kematian hamster:
  1. Hamster dijemur dibawah sinar matahari. Hamster adalah binatang nocturnal. Mereka adalah binatang malam. Di alam liar mereka tidur sepanjang siang hari dalam lubang mereka yang bisa mencapai kedalaman 10 – 20 meter dibawah permukaan tanah dan baru keluar pada malam hari untuk mencari makan. Jadi mereka tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Sedikit saja cukup… Tidak perlu sampai ‘dijemur’.
  2. Hamster dimandikan dengan air. Hamster rentan terhadap air dan kelembaban. Hamster berasal dari daerah gurun pasir yang kering. Jika hamster Anda sedang sehat dan dalam kondisi prima mungkin terkena air bukan masalah, tapi jika kondisinya sedang menurun terkena air bisa berarti kematian bagi mereka. Hamster yang basah harus secepatnya dikeringkan atau mereka terserang flu, kemudian berlanjut ke pneumonia dan berakhir pada kematian. Jadi jangan mengambil resiko untuk tindakan yang tidak perlu ini.
  3. Memisahkan induk hamster dari bayi-bayinya. Kedengarannya memang bodoh tapi percayalah banyak orang yang tidak sengaja melakukan hal ini karena ketakutan mereka pada gosip yang beredar tentang ‘hamster pemakan anak’. Ibu hamster yang sehat dan cukup akrab dengan manusia tidak akan memakan anaknya tanpa alasan yang jelas! Jadi jangan memisahkan ibu dan bayi-bayinya karena bayi-bayi itu akan meninggal dengan segera karena kedinginan dan tidak mendapatkan air susu.
  4. Hamster jatuh dari ketinggian. Jika hamster Anda masih baru, cobalah untuk memegang hamster dalam posisi duduk jadi jika hamster Anda jatuh tidak akan terlalu tinggi. Ini kesalahan yang paling sering dilakukan orang. Hamster yang baru datang biasanya masih merasa asing dengan Anda dan dengan lingkungannya dan cenderung melompat secara tiba-tiba. Jadi Anda harus mengantisipasi hal ini dulu.

Sekian dulu tipsnya.. banyak yang kurang ya?? Harap maklum ya.. aku juga baru miara.. kalo yang udah pernah nulis dan hampir mirip/mirip dengan yang saya tulis, harap di maklumin ya.. saya juga tau ini semua dari artikel-artikel yang ada di internet. Selamat mencoba!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hamster (Report Text)

Hamster is one of the small mammals. They are belonging to the subfamily Cricetinae. The ir bod ies are not small er th a n our palm and the biggest hamster i s like the rat on the road, depen ding o n its t ype. Hasmter has a small tail , not as the other rat usually. Hasmter ha s long incisor like rabbit. Hamster belongs to nocturnal animal (active at night) , so don’t wonder if they are only sleeping all day . A ctually hasmter includ e to active animal . So , if you want to take care of them, keep them in a wide cage. They are so cute and funny, so they can make everyone who see them  happy because of the ir attitude s . Hamster can’t live extremely in hot weather, because it can make the ir fur become fall out . Keep the temperature of the ir cage and keep it clean by exchange the husk every week or once in three days . Almost same as the rat, hamster belongs to often-reproduce animal. If they have been aged less than 2 years , they are read

Smurf Attack

La la la la sing a happy songs~~ La la la la smurf the whole day long~~ Whoops!! This post does not discuss about that little blue creature smurfs Tapi, disini aulia mau membahas sedikit tentang smurf attack yang merupakan salah satu jenis dari IP Spoofing.. Q : IP Spoofing? A : Menurut beberapa sumber di Google, IP spoofing merupakan sebuah cara atau teknik yang diguanakan untuk memperoleh akses ke suatu jaringan atau komputer secara illegal/tidak sah dengan melakukan pemalsuan IP address. Dari serangan IP Spoofing ini dapat berakibat pada pengambilan data pribadi host, penyebaran malware, sampai pada pengambil alihan control pada host yang diserang Q : Smurf Attack? A : Merupakan salah satu jenis dari IP Spoofing yaitu merupakan  serangan secara paksa pada fitur spesifikasi IP yang kita kenal sebagai direct broadcast addressing. Seorang Smurf hacker biasanya membanjiri router dengan paket permintaan echo Internet Control Message Protocol (ICMP) yang kita ken

Nama Latin Rangka Manusia dan Fungsinya

11.        Tengkorak a.        Os Frontal (Tulang Dahi) ü   Untuk melindungi otak bagian depan b.       Os Zygomatik (Tulang pipi) ü   Untuk membentuk wajah c.        Os Ethmoid ü   Untuk melekatnya organ mata d.       Os Parietal (Tulang ubun-ubun) ü   Untuk melindungi otak dan mengatur suhu tubuh e.       Os Temporal (Tulang Pelvis) f.         Os Occipetal(Tulang kepala belakang) ü   Melindungi otak bagian saraf mata g.        Os Nasal (Tulang hidung) ü   Untuk membentuk wajah ü   Saluran pernafasan h.       Os Maksila (Rahang atas) ü   Untuk pelekatan gigi atas ü   Membantu pengunyahan makanan i.          Os Mandibula (Rahang bawah) ü   Untuk pelekatan gigi bawah ü   Membantu pengunyahan makanan j.         Os Sphenoidae (tulang baji) ü   Melindungi otak bagian samping (pendengaran) 22.        Rongga dada a.        Os Costae Sporia (tulang rusuk palsu) ü   Melindungi organ bagian dalam b.       Os Costae Vera (tulang rusuk